MenuPilih Menu
Beranda » Berita Foto » SAPDA dan PN Karanganyar Bersiap Wujudkan Pengadilan Inklusif

SAPDA dan PN Karanganyar Bersiap Wujudkan Pengadilan Inklusif

(68 Views) April 2, 2020 6:34 am | Diterbitkan oleh | Tidak ada komentar

Peningkatan layanan dan aksesibilitas di lingkungan pengadilan harus terus dilakukan. Lembaga peradilan merupakan ruang publik yang kerap diakses oleh penyandang #disabilitas. Maka dari itu, layanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing ragam disabilitas perlu disediakan.

Langkah baru telah dilakukan oleh Pengadilan Negeri #Karanganyar. Ayun Kristyanto, Ketua PN Karanganyar bersama Nurul Saadah Andriani, Direktur Yayasan SAPDA. Kedua lembaga ini melakukan penandatanganan kontrak kerja sama sebagai wujud keseriusan menyediakan layanan aksesibel.

Melalui MoU ini, SAPDA dan PN Karanganyar bertekad untuk mendukung dan meningkatkan akses penyandang disabilitas dalam proses persidangan. Selain itu, komitmen ini juga bentuk dukungan PN Karanganyar dalam penyelenggaraan peradilan yang inklusif.

Dalam pelaksanaannya, kerja sama ini dilaksanakan dengan berprinsip pada penghormatan martabat manusia, tidak melakukan diskriminasi, kesetaraan, aksesibilitas, inklusif, perlakukan khusus dan perlindungan lebih, dan sebagainya.

Dengan adanya kerja sama ini, layanan terhadap disabilitas di PN Karanganyar akan menuju ke arah yang lebih baik.

Sumber: sapdajogja.org