MenuPilih Menu
TRENDING
Beranda » Berita Foto » Penguatan Kapasitas POKJA Pencegahan & Penanggulangan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Berbasis Sekolah

Penguatan Kapasitas POKJA Pencegahan & Penanggulangan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Berbasis Sekolah

(61 Views) October 5, 2019 9:37 am | Diterbitkan oleh | Tidak ada komentar

Yayasan PUPA @yayasanpupa mengadakan kegiatan Penguatan Kapasitas untuk Kelompok Kerja Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak berbasis Sekolah di Kota Bengkulu, yang difasilitasi oleh Ibu Susi Handayani serta narasumber Bapak Misran Lubis, Sabtu (05/10/2019). Pada tanggal 27 November 2018 yang lalu, dikukuhkan 114 POKJA sekolah oleh pemerintah daerah kota #Bengkulu, POKJA tersebut terdiri dari seluruh SD dan SMP di Kota Bengkulu. Dikukuhkannya POKJA tersebut atas kerjasama Yayasan PUPA dengan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu dan DPPPA PP KB Kota Bengkulu.

Kehadiran POKJA di setiap sekolah, diharapkan mampu mendekatkan akses layanan pengaduan kasus kekerasan bagi warga sekolah. Selain memiliki SK, sekolah juga memiliki alur mekanisme penanganan KtPA yang diketahui oleh siswa, #guru dan orang tua sebagai warga sekolah.

Anggota Pokja dapat menyebarkan informasi kepada anggota #sekolah lainnya mengenai kerentanan kekerasan, mulai dari bentuk, akibat, dan juga penanganan yang tepat bagi korban dan pelaku, tentu saja dengan menggunakan perspektif #anak dan perempuan yang menjadi kelompok rentan. Melalui POKJA juga,kita semua berharap sekolah menjadi ruang aman bagi seluruh warga sekolah.

Menuju #Indonesia tanpa kekerasan, harus dimulai dari sekolah yang aman dan nyaman.

#GerakBersama
#SahkanRUUPKS
#SekolahRamanAnak
#KotaLayakAnak