MenuPilih Menu
Beranda » Berita Foto » Pelatihan Sistem Database Kasus bersama FPL Jawa Timur dan Yogyakarta

Pelatihan Sistem Database Kasus bersama FPL Jawa Timur dan Yogyakarta

(37 Views) March 13, 2020 6:45 am | Diterbitkan oleh | Tidak ada komentar

Pelatihan sistem database penanganan Kekerasan terhadap Perempuan (KtP) untuk anggota FPL wilayah Jawa Timur dan DI Yogyakarta, di Semarang (12-13/3). Lembaga anggota FPL yang hadir yaitu LBH Jentera Perempuan, WCC Jombang, Rifka Annisa Yogyakarta, Ciqal Yogyakarta, Savy Amira Surabaya, WCC Dian Mutiara dan Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) Tuban.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan staf di lembaga dalam mengoperasikan sistem database pencatatan dan penanganan kasus, serta menjadi agen pelatih bagi calon user anggota FPL lainnya.

Sistem database pedokumentasian penanganan kasus KtP berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini dikembangkan oleh FPL sejak tahun 2016, kemudian diujicobakan bersama 20 anggota FPL pada tahun 2017 yang didukung program MAMPU. Kini pemanfaatan sistem database ini mulai diperluas dan digunakan oleh anggota FPL lainnya.

Upaya untuk memperbaiki sistem database KtP, FPL terus dilakukan mulai dari penyempurnaan sistem, penyiapan sumber daya manusianya untuk memahami sejumlah katagori seperti penamaan dan pengelompokan data, merancang pedoman beserta thesaurus-nya sebagai rujukan /panduan untuk memasukan data sesuai dengan pengkategorian yang ada dalam sistem database FPL.