3_3-678x381Berbagai kegiatan dilakukan dalam memperingati Hari Perempuan Internasional, salah satunya seperti rangkaian acara yang dilaksanakan di kabupaten dan Kota Cirebon. Acara yang diselenggarakan oleh WCC Mawar Balqis (salah satu mitra MAMPU – Komnas Perempuan) ini, mencakup talkshow di 5 stasiun radio dan satu stasiun televisi, sosialisasi di tiga lokasi berbeda, serta kampanye One Billion Rising di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Cirebon.

Adapun tema yang diusung untuk peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2016 ini adalah Cirebon Woman’s Break The Chain, yang bertujuan untuk: 1) Mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam peringatan Hari Perempuan Internasional; 2) Mengajak Pemerintah daerah untuk berkomitmen untuk bekerja sama dengan lembaga non pemerintah dalam kerja-kerja pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak; serta 3) Konsolidasi lembaga, organisasi dan individu yang memiliki kepedulian terhadap penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Rangkaian acara tersebut berlangsung dari tanggal 1 – 10 Maret 2016. Tercatat lebih dari 500 orang terlibat dalam kampanye Hari Perempuan Internasional di Cirebon. Dalam pelaksanannya, WCC Mawar Balqis mendapat dukungan dari 17 organisasi lain di Cirebon, antara lain: Bayt al-Hikmah, Komunitas HG, Kohati Cirebon, KOPRI Cirebon, IPPNU Kabupaten Cirebon, Yayasan Banati, Fahmina Institute, PD Aisyiyah Muhammadiyah, Pondok Pesantren Al-Islamy Kebon Jambu, Pondok Pesantren Buntet, YIVOS, Institut Studi Islam Fahmina (ISIF), LPM Fatsoen, Teater Awal, Pelita, Jingga Media dan Komunitas Gusdurian.

Dukungan juga diperoleh dari berbagai pihak, baik media massa elektronik, maupun perusahaan swasta yang ada di Cirebon. Kerjasama juga didapatkan dari pemerintah daerah dan lembaga non-pemerintah dalam usaha memberdayakan perempuan dan perlindungan anak. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan semangat kebersamaan antar lembaga dan organisasi di wilayah Cirebon untuk terus membangun kerja jaringan dalam kerja-kerja penghapusan kekerasan terhadap perempuan.***

Leave a comments