balqis2CIREBON-Saat ini kita disuguhkan dengan maraknya kasus kekerasan terhadap wanita dan anak,sangat mencengangkan kasus kekerasan terhadap wanita dan anak di kota Cirebon, menempati urutan teratas ke 3 Di Indonesia setelah Aceh dan poso, Kota cirebon yang memiliki gelar kota Wali namun tercoreng oleh ulah-ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Ujar  Dra.Hj Masrohah salah satu direktur WCC Mawar Balqis.

Sayang nya kasus kekerasan terhadap wanita dan anak di kota Cirebon masih menjadi aib keluarga yang sangat ditutupi untuk menjaga kehormatan dan nama baik keluarga, tidak sedikit kasus-kasus yang mentah di jalur damai dan tidak diteruskan ke ranah Hukum, yang tentunya akan beresiko untuk mengulangi lagi, dan lagi. Untuk itu WCC mawar Balqis memberikan Pendampingan dan memonitoring pasca damai agar tidak terjadi lagi kekerasan yang serupa.

WCC Mawar Balqis hadi dan bergerak dalam bidang pendampingan, advokasi serta pemberdayaan terhadap perempuan korban kekerasan.

Mawar merupakan akronim dari Mawaddah Warohmah yang berarti cinta kasih, sedangkan Balqis di ambil dari nama ratu Bilqis yang merupakan simbol pemimpin perempuan yang memiliki kekuatan, kegigihan dan juga keagungan. Nama tersebut diambil dengan harapan lembaga ini dapat mewujudkan masyarakat yang penuh cinta kasih, damai, adil gender, dan bebas dari kekerasan.

WCC Mawar Balqis lahir pada tahun 2001 diprakarsai oleh KH. Husein Muhammad, H. Faqihudin Abdul Qodir, MA, Hj. Lilik NH Fuady, Hj. Ohan Hanifah, MA, Hj. Dra. Lili Faridah, Hj. Dra. Masrohah. Awalnya lembaga ini lahir dari garda gerakan perempuan yang dipimpin  oleh ibu Sinta Nuriyah “Puan Amal Hayati” yang merupakan gerakan berbasis pesantren. WCC Mawar Balqis didirikan atas dasar harapan besar masyarakat atas berbagai persoalan di masyarakat bisa diselesaikan oleh pesantren. Pada awal berdirinya lembaga ini  didukung dari basis komunitas pesantren, namun seiring berjalannya waktu,WCC Mawar Balqis didukung penyandang  dana dan unsur penting lainnya yang memadukan  dan mengembangkan eksistensi dari basis komunitas menjadi basis institusi.

Bagi Masyarakat Wilayah 3 Cirebon yang merasa terancam dan Berada dalam tekanan dapat menghubungi kami dan kami akan memberikan perlindungan serta advokasi : Di jalan Serayu No.11 RT 04/04 Desa Junjang Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon 45162 Telp: (0231) 358444 / 081214978914 email wccmawarbalqis@yahoo.com ***

Cirebonmedia.com

Leave a comments